Metode Ampuh Belajar Matematika

Kebanyakan orang menganggap kalau pelajaran matematika adalah pelajaran yang sangat sulit untuk dipelajari. Hal ini pun terlihat dari nilai pada rapot matematika dari teman-teman yang mendapatkan nilai kecil.
Padahal, belajar matematika tidaklah hal yang sulit. Kesulitan itu bukan disebabkan dari materi pelajarannya, melainkan dari cara belajarnya yang tidak mudah untuk dimengerti oleh anak sehingga sang anak tidak mengerti dan mendapatkan nilai jelek pada rapot.

Untuk itu, Anda perlu belajar matematika dengan metode pelajaran yang mudah untuk dipelajari. Berikut beberapa metode pelajaran matematika yang membuat matematika menjadi lebih mudah.

  • Metode Jarimatika

jarimatika

Ini merupakan singkatan dari jari dan aritmatika. Metode berhitung menggunakan jari tangan yang dikembangkan oleh Septi Peni Wulandani sejak tahun 2004. Metode ini hanya bermodalkan jari pada tangan Anda dan bisa digunakan untuk melakukan operasi hitung mulai dari mengalikan, membagi, tambah, maupun kurang sampai dengan ribuan.

Ini merupakan cara sederhana untuk mengajarkan anak cara berhitung yang mudah. Dimulai dari memahami secara benar konsep bilangan, lambang bilangan, dan operasi hitung dasar lalu kemudian mengajarkan cara berhitung jarimatika.

  • Metode sempoa

sempoa

Aritmatika Mental diajarkan dengan menggunakan alat hirung kuno yang dikenal dengan nama sempoa. Alat ini merupakan alat bantu dalam penghitungan manual yang sudah diperbarui dengan model yang lebih baik asat ini.
Sama seperti jarimatika, metode sempoa melibatkan perhitungan perkalian, pembagian, penambahan, dan pengurangan.

Dengan menggunakan metode ini dapat mengembangkan mental atau jiwa anak-anak dalam Aritmatika Mental. Anak-anak pada awalnya akan menggunakan sempoa sebagai alat hitung mereka, sampai nanti mereka bisa menghitung bilangan atau angka tanpa bantuan apapun.

Metode ini pasti bisa diterima oleh anak karena lebih menyenangkan dan memudahkan anak untuk berhitung cepat tanpa alat bantu lainnya melainkan hanya butuh jari saja.

  • Metode Kumon

Kumon adalah metode pengajaran yang dikembangkan oleh guru matematika asal Jepang bernama Toru Kumon. Level awal untuk setiap kelas ditentukan dari tingkatan level yang dapat dikerjakan oleh siswa tanpa ada kesalahan.
Kursus belajar kumon berlangsung biasanya selama seminggu 2 kali. Anak akan diberikan lembar kerja setiap hari di rumah dan orang tua memegang peran penting dalam menawasi anak dalam belajar didalam rumah.

Lembar kerja yang diberikan sudah disesuaikan dengan tingkatan kemampuan anak, sehingga Anda tidak perlu takut anak tidak dapat mengerjakan soal tersebut.

  • Metode Mathemagics

Metode Mathemagics merupakan program pembelajaran matematika yang dirancang oleh Ariesandi Setyono yang menitikberatkan pada pemahaman anak dalam konsep dasar matematika yang benar.

Pembelajaran Mathemagics menggunakan berbagai macam permainan yang menjadi pengalaman menyenangkan bagi anak. Belajar sambil bermain sehingga anak tidak jenuh dalam mempelajari pelajaran matematika.

Dalam proses pembelajarannya, Mathemagics meningkatkan rasa percaya diri anak sehingga mampu dan berani mengerjakan soal matematika dengan sendiri dan berusaha untuk menyelesaikannya.

Itulah beberapa metode belajar matematika yang cukup mudah untuk dimengerti anak. Dengan begini, anak pasti akan membuang pikiran kalau pelajaran matematika itu sulit dan akan pede dalam mengerjakan soal matematika di sekolah dan mendapat nilai tinggi dalam rapot!